Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Labels

Labels

Labels

Monday, November 14, 2011

Berbagai Artikel Menarik tentang Gunadarma

Universitas Gunadarma dan Bank DKI Kembangkan Teknologi Informasi dan SDM Perbankan

"Akhirnya universitas Gunadarma bekerjasama dengan Bank DKI untuk memgembangkan teknologi sistem informatika dan manajemen sumber daya manusia dan layanan perbankan Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan akademik yang terkait dengan produk dan layanan perbankan "




Bank DKI dan Universitas Gunadarma melakukan kerja sama pengembangan teknologi sistem informasi, manajemen sumber daya manusia, dan layanan perbankan. Kerja sama pengembangan ini dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama yang ditandantangani kedua pihak pada hari Rabu, 13 Desember 2006 di Auditorium Gedung IV lantai 6, Kampus Depok, Universitas Gunadarma.




Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama Bank DKI, Winny E. Hassan dan Direktur Operasional Bank DKI, Ilham Joenoes bersama dengan Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM, dan disaksikan kalangan civitas akademika Universitas Gunadarma.

Kedua belah pihak, sekaligus menyepakati 5 perjanjian kerja sama yang meliputi Pengembangan dan Implementasi Sistem Transaksi Host-to-Host, Sistem Aplikasi Pembayaran Akademik Mahasiswa Universitas Gunadarma, Penerbitan dan Pengembangan UG SmartCard untuk Staff dan Mahasiswa Universitas Gunadarma, Pengadaan Sumber Daya Manusia PT Bank DKI, dan Program Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa Universitas Gunadarma di PT Bank DKI.

Menurut Direktur Utama Bank DKI, Winny E. Hassan dalam sambutannya mengemukakan bahwa Bank DKI merasa bangga dapat melayani segenap civitas akademika Universitas Gunadarma selama lebih dari satu dasawarsa. Kerja sama yang harmonis tersebut dimulai sejak tahun 1992, dan hingga kini Bank DKI telah memiliki 4 kantor pelayanan yang bertempat di kampus-kampus Universitas Gunadarma, yaitu Kampus D Depok, Kampus G Kelapa Dua, Kampus C Salemba, dan Kampus J Kalimalang. Menurut Beliau, dengan MoU dan kerja sama ini akan semakin menambah daftar jasa dan layanan Bank DKI yang bisa diakses oleh civitas akademika Universitas Gunadarma.

Fasilitas layanan host-to-host merupakan layanan koneksi antara sistem komputer Bank DKI (host collection agent) dengan sistem komputer Universitas Gunadarma (host biller) melalui sarana komunikasi data dengan cara melakukan pertukaran data transaksi. Selain fasilitas layanan host-to-host ini, kerja sama juga meluas kepada pengembangan sistem aplikasi pembayaran akademik mahasiswa. Winny menambahkan, bagi Bank DKI, dengan terintegrasinya sistem tersebut dan perbaikan pada sistem pembayaran akademik, akan semakin meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan sistem pembayaran akademik kepada para mahasiswa serta dapat mengurangi waktu antrian pembayaran akademis oleh mahasiswa di Bank DKI, karena semua data sudah terintegrasi.

Selain itu, Bank DKI juga akan menerbitkan UG SmartCard yang merupakan kartu multi fungsi bagi staf dan mahasiswa Universitas Gunadarma. SmartCard ini dapat digunakan sebagai ID card, kartu perpustakaan, sebagai kartu absensi mengajar bagi dosen, kartu akses masuk ruangan, dan kartu ATM Bank DKI yang juga dapat diakses di lebih dari 9 ribu mesin ATM di seluruh Indonesia yang berlogo ATM Bersama.

Sementara itu, Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah inovasi kedua institusi dalam meningkatkan kualitas layanannya. Beliau menambahkan, dengan dukungan IT yang sangat memadai dari Bank DKI dan Universitas Gunadarma, serta infrastruktur lainnya yang sangat solid, kerja sama ini akan berkembang secara pesat.

Dijelaskannya, sebagai Universitas berbasis teknologi informasi, kerja sama ini akan semakin meningkatkan mutu layanan informasi akademik kepada civitas akademika. Selanjutnya, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM, menambahkan bahwa perjanjian kerja sama di bidang SDM dengan Bank DKI ini meliputi penyediaan sumber daya manusia yang terdiri dari mahasiswa dan alumni Universitas Gunadarma yang nantinya akan ditempatkan di Bank DKI yang membutuhkan tenaga profesional. “ Tentunya para calon tenaga kerja yang akan ditempatkan di Bank DKI akan kami seleksi, sehingga bisa tersaring mahasiswa maupun alumni yang mempunyai potensi dan profesional dibidangnya,” ungkap Beliau. “Hal ini sekaligus menjawab tantangan bahwa lulusan perguruan tinggi bisa siap bekerja di institusi bisnis yang profesional yang semakin kompetitif di era globalisasi saat ini,” tambahnya. Beliau pun menyambut gembira bahwasanya Bank DKI juga membuka program praktek kerja lapangan bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.

Selain sambutan dari Dua Pejabat Tertinggi di kedua institusi tersebut, acara penandatanganan nota kesepahaman ini juga diisi dengan presentasi Sekilas Tentang JakCard oleh PT Bank DKI dan presentasi mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Gunadarma.
Kembangkan Teknologi Informasi, PSSI Gandeng Gunadarma
 "Lagi-lagi Gunadarma di gandeng dengan persatuan yang tidak kalah bergengsi, apa lagi yang disebut dengan PSSI. Kabar denger kabar ternyata PSSI menggandeng Unversitas Gunadarma menggandeng Universitas Gunadarma untuk di ajak bekerja sama membangun sistem informasi untuk memanajemen  PSSI dari mulai segi pemain bahkan hal terkecil dari PSSI,dengan harapan bahwa ke depannya PSSI dapat membentuk pemain terbaik untuk Indonesia... "
Kembangkan Teknologi Informasi, PSSI Gandeng Gunadarma
Teknologi informasi PSSI bakal semakin maju (c) Bola-Esa
PEMAIN TERKAIT
TIM TERKAIT
07-10-2011 00:50
Bola.net - Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) mulai dikembangkan oleh PSSI guna meningkatkan kemampuan atletnya. Terlebih, PSSI juga berencana membangun sistem informasi sepakbola Indonesia.

Dan langkah yang dilakukan oleh PSSI yaitu dengan menggandeng Universitas Gunadarma (UG) yang menjadi mitra PSSI dalam melayani seputar kebutuhan Iptek. Di antaranya, menyediakan informasi seluas-luasnya seputar sepakbola.

Hal tersebut ditandai dengan nota kesepakatan bersama (MoU) dengan durasi lima tahun.

Dengan adanya MoU tersebut, diharapkan permasalahan yang dihadapi PSSI terkait sistem informasi persepakbolaan bisa teratasi.

"Kerja sama ini guna membantu PSSI menyiapkan website yang memungkinkan mengangkat semua data sepak bola nasional. Serta, membantu PSSI terkait sistem informasi persepakbolaan,” tutur Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, kepada Bola.net, usai MoU, di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (06/10).

“Kami berusaha melayani informasi yang dibutuhkan masyarakat, seperti data pemain, wasit, pengawas pertandingan, manajer, pengurus, dan profil klub. Jadi web itu nantinya seperti bank data," sambungnya.

Ditambahkan Djohar, hal tersebut termasuk menindaklanjuti usulan dari Komite pengembangan sepak bola usia dini PSSI dalam menciptakan bank data pemain. Sehingga, ke depannya PSSI memiliki kemudahan dalam membentuk tim nasional yang tangguh. Sebab, dalam website tersebut sudah tersedia biodata pemain, asal klub, tinggi, berat badan hingga prestasi. (esa/end)


Pemanfaatan Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma

Saat ini teknologi berkembang dengan pesat, prosesor komputer semakin cepat, kapasitas memori harddisk semakin bertambah, tampilan grafis semakin nyata, inovasi-inovasi baru pun banyak ditemukan. Kita sebagai manusia modern tentunya mau tidak mau harus mengikuti atau minimal harus mengetahui perkembangan-perkembangan teknologi tersebut jika kita tidak ingin dijuluki GAPTEK (Gagap Teknologi). Dengan terus berkembangnya teknologi informasi dan Komunikasi sekarang ini, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.

Penggunaan dan pemanfaatan teknologi informatika (IT) di perguruan tinggi saat ini semakin ramai, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pengakuan dari sejumlah perguruan tinggi yang menyebutkan bahwa sudah memanfaatkan IT melalui pengadaan Information Communication Technology (ICT) disertai dengan sejumlah implementasinya dalam proses pendidikan reguler. Interaksi antara dosen dan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media komputer, internet, e-mail, dsb.

Universitas Gunadarma yang sudah dikenal banyak orang karena penerapan teknologi informasi sebagai contohnya. Di Universitas Gunadarma, E-Learning sudah diterapkan sebagai implementasi yang paling nyata dari pemanfaatan ICT. Untuk mendukung E-Learning, Universitas Gunadarma memberikan layanan hotspot bagi mereka yang mempunyai laptop dan internet lounge bagi mereka yang tidak punya laptop untuk koneksi ke internet. Dengan layanan ini, mahasiswa dapat menggali dan menambah wawasan yang edukatif.


Internet Lounge Universitas Gunadarma
Internet Lounge - Fasilitas Internet Gratis Universitas Gunadarma


Penerapan IT terbaru Universitas Gunadarma adalah iLab (Integrated Lab), iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, iLab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri. Berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki oleh setiap program studi, konsep dari iLab adalah praktikum mandiri. Praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium reguler lainnya yang biasanya diminta membantu para praktikan jika ada kesulitan. Semua perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas suatu persoalan yang berkaitan dengan praktikumnya, dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing.


Integrated Lab Universitas Gunadrama
Integrated Lab Universitas Gunadarma



PSSI - Gunadarma Sediakan Beasiswa Untuk Pemain Timnas

 

"Lagi dan Lagi Gunadarma menjalin Kerjasama dengan PSSI,kali ini dalam hal peendidikan. Dan kali ini Universitas Gunadarma memberikan beasiswa kepada timnas Indonesia U-23, hal iin i diharapkan setelah lepas pensiun dari persepakbolaan, para anggota timnas dapat melanjtkan pendidikan bagi mereka yang berinat, sehingga tidak hanya persepakbolaan Indonesia saja yang membaik,Pendidikan pun semakin membaik.. Go Indonesia!!!! Go GUNADARMA!!!! "

Tribunnews.com - Kamis, 6 Oktober 2011 17:56 WIB

PSSI - Gunadarma Sediakan Beasiswa Untuk Pemain Timnas
TRIBUNNEWS.COM/IWAN TAUNUZI
Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin dalam acara penandatangan MoU di Hotel Milenium, Kamis (6/10/2011).


Laporan wartawan Tribunnews.com, Iwan Taunuzi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bekerjasama dengan Universitas Gunadarma dalam hal pengembangan sistem informasi persepakbolaan Indonesia.
Program jangka pendek yang segera akan dilakukan dengan membuat website PSSI yang difasilitasi oleh pihak Gunadarma.
Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin mengatakan, langkah ini diambil tak lepas dari tujuan PSSI yang ingin meningkatkan prestasi sepakbola tanah air. Salah satunya dengan melibatkan kalangan dunia pendidikan sehingga bisa memanfaatkan ilmu dan teknologi.
"Banyak hal yang perlu kita ketahui dalam dunia sepakbola. Dengan adanya website PSSI, diharap mampu memberikan informasi yang mudah diakses oleh pecinta sepakbola Indonesia," kata Djohar Arifin dalam acara penandatangan MoU di Hotel Milenium, Kamis (6/10/2011).
Selain itu, Universitas Gunadarma juga memberikan beasiswa kepada para pemain timnas senior dan U-23. Djohar mengatakan, suatu saat jika para pemain timnas ingin mengkatkan kualitas pendidikan baik S1, S2 atau S3 bisa direkomendasikan oleh PSSI.
Hal senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Gunadarma, Margianti yang menyatakan pihaknya sangat siap memberikan beasiswa kepada pemain timnas.
"Biasanya setelah gantung sepatu, para pemain ada yang kebingungan mau melanjutkan pendidikannya," ujarnya.
Untuk beasiswa sendiri, Margianti menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI."Ini bukti kecintaan kami kepada PSSI dan wujud pengabdian kami kepada masyarakat," pungkasnya.


Seminar "Collaborative Social Network: Infrastructure and Applications"
 
"Kali ini Gunadarma membuat sebuah gebrakan baru, yaitu dengan mengadakan sebuah seminar Collaborative Social Network: Infrastructure and Applications dan kali ini hubungan kerjasamanya dilakukan dengan luar negri yaitu negara kincir angin apalagi kalo bukan Belanda.. Semakin hebat saja Gunadarma.. Semangat Universitasku,,,, ^_^"


Universitas Gunadarma bekerjasama dengan HAN University of Applied Science Belanda menyelenggarakan Seminar "Collaborative Social Network: Infrastructure and Applications".
Seminar yang diselenggarakan pada tanggal 15 April 2008 bertempat di Ruang Auditorium Gd. 4 lt. 6 Kampus Depok dapat dilaksanakan dengan baik. Dimana Ketiga nara sumber yang sangat kompeten memberikan materi yang saling mendukung sehingga memberikan wawasan baru kepada para peserta seminar. Seminar ini semakin meriah karena partisipasi STIMATA Malang dalam teleconference ini.

Seminar ini dihadiri sekitar 323 orang peserta yang semuanya merupakan civitas akademika Universitas Gunadarma, yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi termasuk program SARMAG, dosen, dan undangan lainnya.

Acara dimulai dengan Sambutan Ketua Panitia, oleh Dr.rer.nat. Avinanta Tarigan dan dilanjutkan dengan Pembukaan oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM

Nara sumber pertama adalah Lily Wulandari, Skom., MMSI, yang menyajikan paper tentang Survey Aplikasi-aplikasi P2P dan Tantangan World Wide Web dalam Industri Turisme dan dilanjutkan oleh Nara sumber kedua Prof. Jaap van Till, yang menyajikan materi tentang Networking for Synergy and Cohesion

Seminar ditutup oleh Koordinator Pasca Sarjana Universitas Gunadarma, Prof. Dr. Yuhara Sukra

Kuliah umum yang diselenggarakan di lantai 11, Kampus Simatupang, Universitas Gunadarma pada tanggal 17 April 2008 juga berjalan dengan baik. Materi kuliah umum ini adalah Optical Fiber Networks dan Fiber to from the Home The Fundamentals yang disajikan oleh Prof. Jaap van Till.

Peserta kuliah umum pada kesempatan ini adalah 30 orang terdiri dari mahasiswa program SARMAG Teknik Informatika dan Teknik Elektro.

2 comments:

Unknown said...

Wah ga sengaja lg searching malah nyasar ke Blog nya Sahat,.,.,.
hehe....
^_^

Sahat Parlindungan said...

kwokwokwokwowk....tq wawan.,.. berarti blog w bagus tuh ratenya..jwjwjwpwwkwokw

Post a Comment